Kisah Nabi Ibrahim AS

Asaalamualaikum Warohmatullahi Wabarakatuh

 
Pengorbanan adalah salah satu aspek penting dalam hidup seorang muslim bagi seluruh umat Islam terutama diseluruh dunia kisah tentang para Nabi Nabi Allah banyak memberikan pemahaman tentang pelajaran untuk kebaikan dan keimanan kita dalam taat dan patuh kepada allah
dan dikisahkn pada saat Nabi Ibrahim AS telah memberikan contoh yang luar biasa dalam ketundukan dan pengorbanan diri kepada Allah.
sebagai bentuk taat dan ujian iman yang luar biasa. Kemudia Allah dalam kebaikan-Nya menggantikan Ismail dengan seekor hewan domba sebagai pengorbanan. 

ujian kepada nabi ibrahim dan yang di alami bersama istrinya(Siti Hajar) memiliki nilai teladan yang dapat dicontoh dalam kehidupan saat ini Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail A.S pun melakukan hal yang menjadi ketetapannya. Hati Nabi Ibrahim AS sangat sedih dan raut wajahnya penuh air mata. Namun Nabi Ibrahim AS tetap akan melaksanakan perintah Allah SWT.

Q.S (Surat As-Saffat ayat 104-108) (Lalu Kami panggil dia, ‘Wahai Ibrahim! Sungguh, engkau telah membenarkan mimpi itu.’ Sungguh, demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Sungguh ini benar-benar suatu ujian yang nyata. Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar. Kami abadikan untuk Ibrahim (pujian) di kalangan orang-orang yang datang kemudian,) 

Tiba-tiba Nabi Ibrahim justru melihat seekor kambing. Allah SWT tidak menghendaki penyembelihan itu terjadi. Sama seperti di jelaskan dalam asmaul husna (Al- Jabbar arti Maha Memiliki Keagungan, yang Menghendaki segala sesuatu atas kehendaknya dan tunduk kepadadnya. kerena tidak ada tuhan selain allah yang Maha Esa.

dan hingga kini pengorbanan tersebut menjadi momen perayaan di Hari Raya Idul Adha ditiap tahunya.

Sekian  dan Terima Kaasih atas kunjungan nya semoga dapat bermanfaat untuk saya pribadi dan khusunya untuk semua pengunjung blogger motifqucerdas.
Wassalamualaikum Warrohmatulahi Wabarakatuh  

Comments

Post a Comment