motifqu cerdas

Alhamdulillah salam sejahtera untuk kita semua segala puji dan syukur kita panjatkan pada Allah SWT serta selawat kita kirim pada baginda Rosulullah Muhammad SAW


SEJARAH MULA AGAMA ISLAM

*Peradaban agama Islam yang dimulai dari turunnya wahyu pertama pada tahun 700 M tahun yang diturunkan kepada  yang terakhir yaitu Muhammad bin Abdullah di Gua Hira, (Arab Saudi) sampai dengan sekarang.

*Pengenalan Islam lebih intensif, khususnya di Semenanjung Melayu dan Nusantara, yang berlangsung beberapa abad kemudian. Agama islam pertama masuk ke Indonesia melalui proses perdagangan, pendidikan dan lain-lain.

Diturunkannya Al Qur'an oleh Allah SWT pada malam Lailatul Qadar dari Lauh Mahfuz ke langit dunia. 

Turunnya Al-Quran merupakan pemberitahuan untuk alam samawi yang dihuni malaikat tentang kemuliaan yang dimiliki oleh umat Muhammad dan Al-Quran turun sebagai risalah baru agar menjadi umat yang paling baik.

Dengan mengumumkan kepada penguhuni alam samawi bahwa kitab Al-Quran ini merupakan kitab yang terakhir dari kitab-kitab yang diturunkan dan disampaikan kepada rasul terakhir untuk umat yang paling mulia.

Al-Quran Diturunkan Secara Bertahap kepada Nabi Muhammad SAW


Allah SWT menurunkan kitab Al-Quran kepada Nabi Muhammad melalui perantara Malaikat Jibril secara bertahap. Al-Quran diturunkan secara bertahap selama kurang lebih 23 tahun kepada Muhammad untuk menjadi pedoman dalam kehidupan dimulai ketika Nabi Muhammad SAW berusia 40 tahun pada 610 Masehi. Pada saat itu, Nabi Muhammad berada di Gua Hira lelu didatangi oleh Malaikat Jibril yang memberikan wahyu pertama kepada Nabi Muhammad.

''Sejarah masuknya Islam ke Indonesia''

Indonesia merupakan Negara dengan penganut agama Islam terbesar di dunia, karena hampir 87 persen penduduk Indonesia adalah pemeluk agama Islam. Hal ini dikarenakan penyebaran agama Islam di nusantara yang cukup aktif adalah dari pulau Sumatera hingga ke Sulawesi dan Maluku. Hal tersebut terjadi sejak ratusan tahun yang lalu dan puncak penyebaran agama Islam terjadi pada masa walisongo.

Sebagai Negara muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki sejarah panjang tentang bagaimana agama Islam masuk ke Indonesia. Mulai dari awal mula sejarah masuknya Islam ke Indonesia hingga menjadi agama dengan pemeluk terbesar di nusantara tidak memakan waktu yang singkat melainkan sudah terjadi sejak zaman kerajaan. 

Comments

  1. ini juga bagus; dapat bahan pelajaran agama untuk anak d sekolah

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat kisah nabi dan rasul juga kak,,,,,,

      Delete
  2. iya seperti kisah nabi ibrahim berkurban kepada allah

    ReplyDelete
  3. Iya insyaallah mohon dukungan dan kunjungan-nya

    ReplyDelete
  4. iya ni biar bisa menambah ilmu

    ReplyDelete

Post a Comment