Ar Ra'fi


Assalamualaikim Warrohmatullahi wabarokatuh

Jika Allah SWT berkehendak, Ia bisa mengangkat siapa pun yang dikehendakinya dengan diberikan rezeki serta karunianya.

Allah SWT berfirman dalam surat Al Anam Ayat 165 :

وَهُوَ ٱلَّذِى جَعَلَكُمْ خَلَٰٓئِفَ ٱلْأَرْضِ وَرَفَعَ بَعْضَكُمْ فَوْقَ بَعْضٍ دَرَجَٰتٍ لِّيَبْلُوَكُمْ فِى مَآ ءَاتَىٰكُمْ ۗ إِنَّ رَبَّكَ سَرِيعُ ٱلْعِقَابِ وَإِنَّهُۥ لَغَفُورٌ رَّحِيمٌۢ

Latin : Wa huwallażī ja'alakum khalā`ifal-arḍi wa rafa'a ba'ḍakum fauqa ba'ḍin darajātil liyabluwakum fī mā ātākum, inna rabbaka sarī'ul-'iqābi wa innahụ lagafụrur raḥīm. 

Artinya: Dan Dialah yang menjadikan kamu sebagai khalifah-khalifah di bumi dan Dia mengangkat (derajat) sebagian kamu di atas yang lain, untuk mengujimu atas (karunia) yang diberikan-Nya kepadamu. Sesungguhnya Tuhanmu sangat cepat memberi hukuman dan sungguh, Dia Maha Pengampun, Maha Penyayang.

Menaikkan bukan cuma hanya mengangkat derajat hambanya saja, Allah SWT pula mengangkat rezeki, kehidupan sosial - ekonomi, dan kedudukan di mata sesama manusia yang lain. Meski Allah SWT mengangkat derajat hambanya, bukan berarti dipastikan masuk ke dalam surganya Allah, melainkan lebih dekat dengan Allah di dunia serta di akhirat esok.

Lantas siapakah orang yang akan diangkat derajatnya,  Allah SWT hendak menaikkan derajat orang yang beriman serta beramal shaleh, yang melaksanakan seluruh perintah Nya dan meninggalkan seluruh larangan Nya.

Allah menaikkan derajat orang - orang yang tetap berakhlak mulia serta senang melakukan kebaikan. Allah pula memuliakan orang - orang yang berilmu serta ingin mengamalkannya. Fadilat itu hendak diserahkan Allah di akhirat.

Comments

Post a Comment