Al Qahhar

Assalamu'alaikum Warahmatullahi wabarakatuh

Salam sejahtera semoga kita semua mendapat ridho dan rahmat dari Allah SWT. 
Al-Qahhaar adalah nama ke-15 Allah SWT yang berarti Dia yang berkuasa atas semua ciptaan-Nya. Alam semesta ini berjalan berdasarkan hukum/ketetapan yang telah ditentukan oleh Allah. Dial ah sang penguasa, penguasa atas segalanya,Sebab segala sesuatu diseluruh alam hanya milik Allah dan dalam kekuasaan-Nya.

Memahami Asmaul Husna Al Qahhar ini agar manusia menyadari sepenuh hati pentingnya tunduk dan patuh kepada Allah.

Q. S Ar Ra'd :16 (Allah adalah Pencipta segala sesuatu dan Dia-lah Tuhan yang Maha Esa lagi Maha Perkasa) 

Allah Al-Qahhar, artinya Allah Maha Menundukkan segala yang ada di alam ini. Allah-lah yang menundukkan matahari, bumi, dan planet lainnya. Semuanya beredar di garis edarnya masing-masing. Allah pula yang menundukkan laut sehingga manusia dapat berlayar.

Dia pula yang memberi manusia sesuatu yang tidak diinginkan dan menghalangi yang didambakan. Tak seorangpun yang bisa menolak ketika diberi celaka atau sakit. Sebaliknya, tak seorangpun yang bisa mendapatkan sesuatu yang dihalangi Allah.
Kepada manusia yang biasa menyombongkan ilmu dan teknologinya, Allah menantang, apakah mereka bisa menahan sebentar saja peredaran matahari? Apakah mereka juga bisa memperpanjang malam walau sedetik saja? Orang yang beriman segera akan menyadari dan berkata: “Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya.” (QS. Az-Zukhruf: 12 dan 13)

Q.S Al An'am:18 (Dan Dialah yang berkuasa atas sekalian hamba-hamba-Nya. dan Dialah yang Maha Bijaksana lagi Maha mengetahui) 

Demikian yang kami sampaikan semoga dapat bermanfaat. 

Comments