Al Ghaffar

Assalamu'alaikum Warahmatullahi wabarakatuh

Salam sejahtera semoga kita semua mendapat ridho dan rahmat dari Allah SWT . 
Adapun yang ingin di bahas bersangkutan dengan nama nama dari asmaul husna adalah al Ghaffar termasuk nama 99 dalam asmaul husna yang artinya maha pengampun 
Sungguh besar dan mulia segala puji dan syukur kita panjatkan kepada allah SWT.  
Al Ghaffar dalam bahasa arab kata rasa Ghaffar dapat terbentuk menjadi kata yang sangat beragam seperti istighfar (permohonan ampun) maghfiran (ampunan), ghufran ( ampunan), ghafir (yang mengampuni), ghafur ( pengampun) ghufran (alat penutup), ghafir( yang menutupi) dan seterusnya. 
Kata Al Ghaffar selalu mengacu pada arti maha mengampuni. Mengampuni berarti menutupi dosa atau kesalahan, dengan ampunan itu tidak terlihat lagi. Dengan demikian manusia tetap dalam kemuliaanya di dunia maupun di akhirat. Allah juga menutupi segala kekurangan manusia walaupun manusia bersalah, karena maghfirah (ampunan) dari allah SWT manusia menjadi terhormat dn mulia di hadapan manusia lainnya.Kita tidak dapat membayangkan jika Allah membuka seluruh dosa, aib, dan kekurangan kita di hadapan orang lain. Kita akan menjadi hina di hadapan orang lain. Allah berfirman:
Q.S Nuh[71] :10 (Maka aku katakan kepada mereka, "mohon ampun kepada tuhanmu,sesungguhnya dia maha pengampun) 
Dengan menghayati makna al-Ghaffâr tersebut, manusia akan menyadari dirinya adalah makhluk yang lemah. Kemuliaan yang selama ini disandangnya tidak lain karena kekurangan, aib, dan dosa-dosanya ditutupi oleh Allah dari penglihatan manusia. Oleh karena itu, wajib bagi manusia untuk selalu istighfâr hanya kepada Allah, al-Ghaffâr.

Comments