Al Fattah


Assalamualaikum Warrohmatullahi wabarokatuh

Sebagai salah satu sifat mulia Allah SWT, arti Al Fattah sering dimaknai sebagai pembuka rahmat. Ya, sebagaimana yang umat muslim pahami bahwa Allah SWT sebagai sumber rahmat. Secara umum, rahmat merupakan belas kasih dan karunia. Tak heran jika, nama atau sifat mutlak Allah SWT yaitu Al Fattah sering diucapkan ketika umat muslim sedang berdoa.

salah satunya adalah sebagai doa dalam Al Qur'an surah Al A'raf ayat 180

وَلِلّٰهِ الْاَسْمَاۤءُ الْحُسْنٰى فَادْعُوْهُ بِهَاۖ وَذَرُوا الَّذِيْنَ يُلْحِدُوْنَ فِيْٓ اَسْمَاۤىِٕهٖۗ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ ۖ - ١٨٠

Artinya:

“Dan Allah memiliki Asma'ul-husna (nama-nama yang terbaik), maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebutnya Asma'ul-husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyalahartikan nama-nama-Nya. Mereka kelak akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.” (QS Al A'raf ayat 180) 

Sebagaimana yang kita tahu Allah SWT telah memberikan rahmat-Nya pada manusia dan setiap makhluk yang hidup di bumi dan langit. Rahmat Allah SWT pada alam dan seisinya, muncul dalam berbagai bentuk, salah satu yang paling kentara yaitu melalui rezeki atau nikmat. Sehingga, wajar jika Allah SWT mempunyai nama mulia Al Fattah

Dalil Asmaul Husna Dalam surah Saba ayat 26

قُلْ يَجْمَعُ بَيْنَنَا رَبُّنَا ثُمَّ يَفْتَحُ بَيْنَنَا بِالْحَقِّۗ وَهُوَ الْفَتَّاحُ الْعَلِيْمُ - ٢٦

Arab Latin:

Qul yajma'u bainanā rabbunā ṡumma yaftaḥu bainanā bil-ḥaqq, wa huwal-fattāḥul-'alīm

Artinya:

“Katakanlah, “Tuhan kita akan mengumpulkan kita semua, kemudian Dia memberi keputusan antara kita dengan benar. Dan Dia Yang Maha Pemberi keputusan, Maha Mengetahui.”(QS. Saba ayat 26).

Pengamalan Asmaul Husna  Al fattah dalam diri seorang muslim dapat diwujudkan dengan menerapkan sifat seperti senantiasa menjadi pembuka jalan kebenaran, kebaikan, kemaslahatan, kedamaian, kemakmuran, kesejahteraan, dan keadilan bagi sesama.

Demikian semoga dapat bermanfaat untuk kita semua 

Comments