Al Bari' dalam Asmaul Husna

Assalamu'alaikum Warahmatullahi wabarakatuh

Salam sejahtera semoga kita semua mendapat ridho dan rahmat dari Allah SWT 

Kita sudah sering mendengar dan membaca kalimat islami yaitu tentang asmaul husna nama nama allah yang di dalamnya ada 99 kata tentang kebesaran Allah SWT.
Al Bari Artinya Maha Pembuat/mengadakan 

menciptakan dari ketiadaan, Sang Pembuat yang mampu mengubah segala bentuk.
Salah satu Asmaul Husna adalah al-Bari` (البَارِئُ). Allah subhanahu wa ta’ala menyebutkan Di dalam Surat Al Hasyr :24

“Dia-lah Allah al-Khaliq (Yang Menciptakan), al bari , al-Mushawwir (Yang Membentuk rupa), Yang Mempunyai nama-nama yang paling baik. Al Hasyr : 24

lafaz ini lebih memiliki kekhususan pada (penciptaan) makhluk-makhluk hidup, bukan pada makhluk yang lain. Lafaz ini jarang sekali dipakai pada (penciptaan) selain makhluk hidup.

Ustadz Qomar Z.A., Lc. Yang di sampaikan nya

Buah Mengimani Nama Allah Al-Bari`

Dengan mengimani nama Allah al-Bari’ dan mengetahui maknanya, kita semakin menyadari kekuasaan allah Yang Mahahebat. Kita juga mengetahui bagaimana luasnya ilmu Allah subhanahu wa ta’ala dan kemampuan-Nya. Tidak mungkin ada yang melakukan itu semua kecuali Dzat yang Maha Berilmu dan Mahamampu.

Ini semua mestinya membuat kita semakin tunduk dan semakin patuh kepada-Nya. Selain itu, ini seharusnya membuat kita semakin bersyukur kepadanya karena kita semua—dengan bentuk ciptaan yang bagus dan indah ini—adalah buah dari nama Allah tersebut.

Wallahu a’lam.

Demikian dan Terima kasih atas kunjungan nya semoga dapat bermanfaat untuk kita semua 

Assalamu'alaikum Warahmatullahi wabarakatuh


Comments